Selasa, 06 Oktober 2009

STRATEGI DAN KEBIJAKAN


Untuk menjamin sinergitas dengan Visi-Misi Pemerintah Provinsi dalam rangka penjabaran Visi dan Misi Dinas PSDA maka diperlukan suatu strategi dasar yang dirumuskan sebagai berikut:

“Meningkatkan pengelolaan SDA yang efisien dan efektif untuk mendukung terwujudnya sarana dan prasarana SDA yang handal sebagai dasar untuk peningkatan ketahanan ekonomi Sulawesi Selatan”

Pokok kebijakan Dinas PSDA Propinsi Sulawesi Selatan yang menjadi acuan dalam menetapkan program dan kegiatan prioritas dalam pengelolaan sumber daya air Sulawesi Selatan sbb:

  1. Pelestarian sungai, danau, waduk, situ, dan pantai diarahkan untuk menjamin keberlanjutan kemanfaatan SDA bagi generasi sekarang dan yang akan datang.
  2. Pendayagunaan SDA diarahkan untuk mencukupi kebutuhan air irigasi, air baku utnuk perkotaan/perdesaan, industri, tenaga air, perikanan, wisata air, dll.
  3. Pengendalian daya rusak air diarahkan untuk melindungi pusat-pusat produksi, sarana-prasarana wilayah, dan pemukiman dari kerugian akibat dayarusak air.
  4. Pemberdayaan kelembagaan pemerintah, masyarakat dan dunia-usaha diarahkan utnuk mendorong partisipasi mereka dalam pengelolaan SDA.
  5. Peningkatan keterbukaan data dan informasi diarahkan untuk mendorong terwujudnya good governance dalam pengelolaan SDA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar